Thursday, July 11, 2019

Cara Melegakan RAM Android Agar Tidak Lemot

Cara melegakan RAM android -  Sama halnya laptop atau komputer, sebuah smartphone pasti juga memiliki RAM untuk mengelola kinerja dari sebuah smartphone. RAM sendiri adalah singkatan dari Rondom Access Memory yang berarti tempat penyimpanan sementara aplikasi yang dijalankan secara acak. RAM merupakan salah syatu syarat untuk mempercepat kinerja android agar tidak lemot. Lalu bagaimana kalau android berjalan terasa berat dan lemot?. Caranya adalah melegakan RAM android. Lalu bagaimana cara melegakan RAM android untuk mempercepat kinerjanya. Kalian bisa mengetahuinya pada artikel berikut.



Sebuah kinerja akan saya perumpamakan sebagai berikut.


Aplikasi dan Game adalah sebuah gambar
GPU dan CPU adalah seorang penggambar
Dan RAM adalah sebuah kertas

Baca JugaPaket Harian 3 2,5GB 2000 Terbaru 2019

Jika sebuah android menjalankan aplikasi tau game (gambar) , kita akan melihat terlebih dahulu seberapa besar RAM (kertas) yang akan kita gunakan sedangkan GPU dan CPU semnjadi seorang penggambar.


  • Gambar besar (Game atau aplikasi) haruslah membutuhkan kertas (RAM) yang besar. Jika hanya memiliki Kertas (RAM) yang kecil maka seorang penggambar (GPU dan CPU) akan kebingungan untuk menggambar dan proses menggambar akan menjadi lama (android lemot).
Seperti perumpamaan diatas, jika android menjalankan game atau aplikasi yang besar maka akan memakan RAM yang besar pula, hal inilah yang menyebabkan RAM menjadi penuh dan android menjadi lemot. Meskipun dibantu dengan GPU dan CPU yang bagus sekalipun.

Jika kalian suka memainkan game yang besar dan menjalankan aplikasi bersamaan sekaligus, saya sarankan untuk membeli android dengan RAM yang besar.
Lalu bagaimana cara mengetahui sisa RAM pada android yang kita miliki. 


Cara Melegakan RAM Android Supaya Tidak Lemot

Untuk mengecek sisa RAM sendiri caranya berbeda-beda tergantung jenis android. Kalau dengan android yang saya punya caranya hanyalah masuk pada pengaturan > memori.


Itu sisa RAM yang saya miliki cukup lega bukan. Screenshot diatas adalah android yang memiliki RAM 3GB dan menyisakan RAM 1,5GB hal itu bisa dibilang sangat lega. Dengan begitu kalian dapat mengetahui sisa RAM pada android serta aplikasi apa saja yang memakan RAM tersebut.

Aplikasi yang memakan banyak RAM biasanya aplikasi yang selalu on dan berjalan dilatar belakang. Misalnya saja Whatsapp, Instagram, Facebook dan masih banyak lainya yang biasanya mengeluarkan notifikasi secara langsung.

Cara Mempercepat Kinerja Android dan Melegakan RAM

Cara melegakan RAM adalah sebagai berikut :
  1. Hapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan dan cenderung tidak berguna. Misalhnya saja kalian mempunyai aplikasi Whatsapp, BBM dan Line. Pilih salah satu dari aplikasi tersebut sebagai aplikasi yang sering digunakan. Karena fungsi ketiga aplikasi tersebut adalah sama. Untuk apa mempunyai 3 aplikasi yang mempunyai fungsi sama.
  2. Usahakan sisa RAM adalah 25% dari besar total dari RAM, lebih besar lebih baik. Jal ini akan memperlancar kinerja android dan akan membuat kalian nyaman saat bermain game.
  3. Hapus aplikasi yang kalian gunakan sebelumnya. Maksud menghapus ini bukanlah menginstall melainkan menghapus aplikasi pada recent app yang biasanya kalian memencet tombol menu dua kali.
Hanya itu saja cara melegakan RAM android, namun cara diatas akan lebih terasa jika kalian juga menyisakan memori internal yang banyak dan sering-sering menghapus cache aplikasi.

Itulah artikel mengenai cara melegakan RAM pada android tanpa aplikasi, semoga bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar.



1 Comments

Nice Article Friend, Visit my Website
kdrsmartphone.com For fresh Technology Related Article.


EmoticonEmoticon