Thursday, April 2, 2020

Cara Membuat Disinfektan Yang Mudah Anti Corona

Dunia saat ini digegerkan dengan adanya sebuah virus yang bernama Covid-19 atau sering disebut juga virus Corona. Virus ini terdeteksi pertama kali di Indonesia pada awal bulan maret dan pasien yang dinyatakan positif terkena corona adalah dua orang saja. Virus ini dapat menyebar secara cepat melalui kontak fisik, ludah seorang penderita virus maupun melalui benda benda yang sebelumnya telah terkontaminasi. Saat artikel ini direlase pasien yang positif terkena virus corona lebih dari 1700 orang, yang sembuh 120 dan yang meninggal 170 orang.




Virus ini sangatlah berbahaya karena saat ini belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan virus ini. Saat ini kita semua diharuskan untuk melakukan social distance, mencuci tangan dengan sabun paling tidak 2 jam sekali dan membersihkan lingkungan kita dengan disinfektan.

Untuk kalian yang kesulitan untuk mencari caira disinfektan kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Lalu bagaimana cara membuat cairan disinfektan sederhana sendiri dirumah? 

Cara Membuat Cairan Disinfektan Sederhana

Dokter Florentina pun menyebutkan beberapa bahan yang dianjurkan WHO adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Berikut cara pembuatannya:

  1.  Pegenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Gunakan 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air ledeng dingin (pengenceran 1:100).
  2.  Sesuaikan perbandingan bila bahan pemutih kandungnnya adalah 2,5 persen sodium hipoklorit, gunakan bahan pemutih dua kali lebih banyak yaitu, 2 bagian bahan pemutih untuk 98 bagian air


Selain itu, karbol atau pine oil dapat digunakan juga sebagai disinfektan dengan cara:

  1.  Berupa 10 tutup botol cairan pembersih lantai diencerkan dengan air 1 liter. Hal tersebut untuk mendapatkan konsentrasi minimal 0,5 persen bahan aktif
  2.  Atau pembersih lantai dengan takaran 1 tutup botol dengan 5 liter air
Dokter Florentina juga memperingatkan agar sebelumnya memperhatikan hal-hal seperti:
  1.  Produk sesuai dengan takaran
  2.  Tidak melewati kadar kadaluwarsa
  3.  Jangan di campur dengan ammonia atau pembersih lain
Sementara itu, jenis disinfektan yang direkomendasikan adalah cairan pemutih yang mengandung natrium hipoklorit atau cairan pembersih karbol yang mengandung benzalkonium klorida.

Kedua produk rumah tangga tersebut dianggap ampuh dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme spektrum luas. Namun, sebelum menggunakannya, perlu diketahui bahwa cairan pemutih bersifat kaustik, artinya dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit.

Cara membuat dan menggunakan cairan pemutih atau karbol:

  1.  Tuang cairan pemutih atau cairan karbol secara hati-hati ke dalam botol kaca terlebih dahulu.
  2.  Lalu, tambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur dengan merata.
  3.  Jika sudah, tutup botol kaca dengan rapat, lalu kocok secara perlahan agar cairan pemutih atau cairan karbol dapat tercampur sempurna dengan air.
  4.  Apabila larutan cairan pemutih atau cairan karbol sudah tercampur sempurna, Anda bisa membagikan larutan cairan tersebut ke dalam botol semprot yang lebih kecil agar mudah digunakan.

Setelah disinfektan jadi, Anda dapat membersihkan permukaan benda mati yang sering disentuh dengan sabun dan air panas bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan cairan disinfektan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam artikel cara membuat cairan disinfektan sederhana dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kita semua dihindarkan dari virus ini. Setelah virus ini hilang kita semua dapat beraktivitas seperti biasanya.


EmoticonEmoticon