Wednesday, October 10, 2018

Cara Submit URL Ke Google Webmaster Terbaru

Cara Submit URL Ke Google Webmaster Terbaru 


Beberapa waktu yang lalu google telah mengupdate google search consolenya ke versi terbaru , hal ini menyebabkan cara submit url di google dengan menggunakan search console, sudah tidak tersedia lagi.
Tujuan utama submit (indexing) adalah agar mesin telusur atau robot google merayapi(crawl) halaman yang dikirim dan di indeks dan hal ini akan menyebabkan halaman baru tersebut akan muncul di hasil penelusuran google.
Artinya , ketika halaman web kita mengupdate sebuah artikel ataupun mengedit sebuah aertikel dan ingin google mengindeks perubahan halaman tersebut supaya potingan ataupun perubahan terbaru pada web kita dapat ditelusuri orang lain atau muncul di halaman pencarian google, caranya adahal kita cukup masukan url di halaman search console kemudian verifikasi captcha kemudian submit dan selelsai , mudah bukan? .
Kita hanya perlu menunggu beberapa saat, halaman baru yang dikirimkan akan dapat ditemukan di hasil penelusuran google. Namun yang jadi masalah sekarang, submit url dengan cara tersebut sudah tidak tersedia lagi. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memberitahukan google bahwa terdapat perubahan seperti adanya menu baru atau tambahan artikel baru di halaman web yang kita kelola?.
Google sendiri sebetulnya akan merayapi dan mengindeks semua halaman yang terdaftar di google dengan sendirinya, tetapi kapan hal itu akan dilakukan tidak diketahui. Google akan meng-crawl ulang suatu web pada kurun waktu tertentu, bisa 2 minggu sekali atau sebulan sekali atau bisa lebih lama lagi namun hal itu sangatlah lama bagi seorang blogger yang ingin postingan artikelnya cepat masuk dalam search engine , nah pada saat itu, perubahan yang dilakukan pada web yang kita kelola, baru akan terindeks dan baru dapat ditemukan di hasil penelusuran google. Jadi sebetulnya kita tidak perlu submit url baru, tinggal menunggu saja dan nantinya url halaman baru tersebut akan terindeks.
Namun tidak semua pengelola web sabar menunggu saat itu dan ingin segera halaman baru webnya dapat terindeks. Caranya adalah dengan submit di search console (yang sekarang sudah tidak ada) dan cara kedua adalah dengan menggunakan fitur fetch as google.
Fetch as goole atau ambil sebagai google sebetulnya bukan cara baru yang disediakan. Cara ini sudah lama disediakan google untuk para pengembang web supaya bisa melaporkan perubahan atau update baru di webnya.
Namun tidak semua blogger mengetahuinya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini, atau silahkan menuju halaman bantuan google ini search console.
Oke langsung saja kita bahas cara submit url menggunakan fetch as google atau ambil sebagai google.

Tolong simak baik-baik langkah-langkah diartikel ini , supaya kalian tidak merasa kebingungan ataupun salah langkah



  • kemudian tambahkan properti baru atau url web / blog yang akan dikelola (bukan url update / postingan). jika sudah terdaftar masuk halaman pengelola yang isinya menu dashboard dan kawan-kawannya. jika kamu berada di halaman versi beta, pilih menu “buka versi lama”. 


  • pilih menu crawl atau per-rayapan pilih fetch as google atau ambil sebagai google masukan url yang akan diindeks dikolom kotak yang sudah disediakan, perhatikan format penulisannya karena sudah disediakan url awal web kita.


  • Kita tinggal masukan bagian selanjutnya,jika kolom url dibiarkan kosong dan kemudian tetap klik fetch maka pengambilan akan dilakukan sebagai halaman beranda setelah masukan url, pilih jenis googlebot yang akan digunakan, desktop (default) atau smartphone. menurut saya pilih yang default saja. klik fetch kemudian akan muncul pemberitahuan dibawahnya .

  • Klik request indexing atau meminta pengindeksan, dan pilih metode yang akan digunakan search console.
  • Klik captcha pilih salah satu metode url yang diindeks. Jika dihalaman baru kita tidak terdapat url link lain pilih crawl only this url, tapi jika halaman baru tersebut terkoneksi alias nyambung ke link lain, pilih crawl this url and its direct links dan terakhir klik “Go” selesai.

  •  Status akan berubah menjadi indexing requested. 

Note :

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi indexing google antaran lain :

  • Memastikan Konten Berbobot dan Panjang
Yang pertama anda lakukan adalah mengecek kembali apakah artikel yang anda tulis sudah memiliki skor diatas rata-rata. Untuk menentukan skor artikel, anda bisa menggunakan beberapa tools untuk check konten berkualitas.Konten yang panjang juga akan menentukan kualitas dari sebuah website atau blog mudah untuk di index. Google akan mengirimkan robot-robotnya untuk meng-crawl seluruh situs kita. Jadi, pastikan juga navigasi, konten artikel, sidebar harus lengkap.
  • Mudah Di Index Google Karena Umur Website
Jika agan sudah paham bagaimana cara menulis konten berkualitas, maka saatnya agan harus memastikan apakah web agan sudah berumur atau belum. Untuk mengetahuinya, agan juga dapat menggunakan beberapa tools yang banyak bertebaran di internet. Biasanya, umur website akan berpengaruh pada indexing di mesin pencari. Jadi, pastikan web agan sudah lebih dari 6 bulan. Website berumur juga akan sangat berpengaruh di dunia seo loh. Mempercepat index google juga akan berpengaruh ke visitor dan blog agan akan memiliki banyak pengunjung.

  • Submit Sitemap Di Google Webmaster
Jangan hiraukan sitemap ya, sitemap merupakan salah satu indikator bahwa website kita memiliki peta yang jelas. Peta situs atau sitemap juga bisa kita submit sesuai dengan karakteristik sebuah website. Untuk menentukan google mengindex website di halaman satu, maka agan juga perlu memperhatikan peta dari situs agan. Bagaimana caranya? Mungkin suatu saat akan saya jelaskan.

  • Pengaruh Share Ke Media Sosial 
Media sosial juga bisa dijadikan alasan untuk crawl atau index lebih cepat di google. Alasan ini karena jika semakin banyak pengunjung yang datang ke website, maka akan mempermudah robot mengenali situs-situs agan. Oleh karena itu agan bisa share ke facebook, twitter, google+, pinterest dan beberapa media sosial lain. Untuk bisa berada di halaman satu google kita memerlukan beberapa bantuan diatas dan cara yang bisa kita gunakan juga sangat mudah. Saya akan coba share bagaimana cara index manual agar terindex google. Berikut adalah penjelasan yang mungkin bisa membantu agan-agan semuanya


Ya sekiranya sekian dulu artikel dari saya , jika ada kekurangan berilah kritik membangun pada kolom komentar .


EmoticonEmoticon