Friday, January 18, 2019

Cara Interview Agar Diterima Bekerja Disebuah Perusahaan


Nah buat kalian yang ingin mencari pekerjaan tentu saja akan mengalami yang namanya test wawancara atau interview. Lalu bagaimana cara mengikuti test wawancara agar diterima disebuah perusahaan?. Dan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat mengikuti test wawancara disebuah perusahaan agar diterima diperusahaan tersebut. Beberapa waktu yang lalu banyak perusahaan yang datang ke sekolah saya untuk merekrut siswa yang akan lulus dalam tahun ini, dan saya adalah salah satu siswa yang beruntung karena bisa langsung mendapatkan pekerjaan dan hanya tinggal menunggu surat kelulusan dari sekolah untuk berangkat bekerja.

Apa saja yang harus dilakukan saat mengikuti test wawancara atau interview agar lolos test tersebut.

1. Ceritakan Diri Anda 
Pertanyaan ini umumnya selalu diberikan oleh pihak perusahaan kepada calon karyawan untuk mengetes seberapa calon karyawan tersebut mengenali dirinya baik dalam segala aspek. Dan pada saat menjawab kalian wajib menjawab tanpa keraguan.

Berikut contoh jawaban disesuaikan dgn profil dan background penulis (melamar posisi sebagai tutor b.inggris)

Terimakasih atas waktu dan kesempatannya pak/bu. Perkenalkan, Nama saya Oscar Ixora Dios Calvino.. Saya biasa dipanggil Calvin. Usia saya 18 tahun. Saya lulusan *******, jurusan pendidikan Teknik Pemesinan. Hobi saya Gaming , menulis, dan berbagai hal mengenai dunia internet dan komputer. Saya memiliki keterampilan di antaranya, mampu berbahasa inggris dengan baik dan lancar (lisan tulisan),  saya juga menyukai pemorgraman dalam mesin turning dan milling CNC , serta kemampuan mengorganisir kelas dan siswa. Saya pribadi yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, pekerja keras, detail, ramah, kreatif, humoris, optimis, dan pembelajar yang cepat.
Saya berpengalaman selama 3 bulan praktek kerja industri disebuah perusahaan yang mempunyai kedisiplinan tinggi (sebutkan tempat dan tahun bekerja). Terimakasih"

2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?
Ini merupakan pertanyaan lanjutan dari poin pertama di mana HRD ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan kamu di antara pelamar lain.

Pastikan kamu meyakinkan HR melalui kelebihan dan skill kamu yang tentunya sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Untuk jawaban kekurangan, pastikan dibarengi dengan cara kamu memperbaiki kekurangan tersebut.

Berikut contohnya. “Kelebihan saya adalah saya pribadi yang kreatif, optimistik dan terstruktur. Kreatifitas mendorong saya untuk selalu mempelajari hal baru, menguprgrade kapasitas diri, dan berpikir out of the box menciptakan suasana dan bahan komunikasi yang menyenangkan untuk siswa. Di samping ini, sifat optimistik saya menjadikan saya pribadi yang senantiasa berpikir dan bertindak positif serta selalu termotivasi dalam bekerja.
Juga, terstruktur menjadikan saya bekerja sesuai target dan waktu yang ditetapkan sehingga efektifitas dan produktifitas kerja dapat tercapai.” “Kekurangan saya adalah Saya tidak terlalu bagus dalam hal multitasking.

Kendati demikian, saya selalu berusaha untuk fokus menyelesaikan tugas dengan tepat dan menyusun to do list sehingga tidak membebankan saya dan pekerjaan dapat selesai sesuai target
.” 

3. Kenapa Anda Melamar di Lembaga/Perusahaan Ini? 
Untuk jawaban pertanyaan ini berikan jawaban yang logis dan tepat , misalnya saja perusahaan yang kalian tuju cocok dengan kelebihan , hobi atau passion yang kalian punyai 

Contoh jawaban: “Saya melihat peluang bahwa perusahaan/lembaga ini sedang mencari posisi (isi sendiri).
Saya melihat bahwa posisi ini sangat cocok dengan pengalaman, skill, dan latar belakang pendidikan saya. Saya yakin dengan pengalaman dan skill saya, saya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan/lembaga ini. Selain itu, saya ingin bergabung bersama team hebat di perusahaan/lembaga ini, sekaligus ingin berkontribusi terhadap kemajuan lembaga/perusahaan ini di masa depan.” 


4. Kenapa Kami Harus Memperkerjakan / Menerima Anda? 
Berikan jawaban yang baik , kalian harus menjual diri untuk membuat HRD tertarik kepada kalian , berikan jawaban yang membuat HRD yakin kepada kalian dan jangan mempunyai jawaban yang sama dengan calon karyawan lain.

Contoh: “Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai guru b.inggris di berbagai sekolah dan kursusan membantu saya mengenali bagaimana mengajar bahasa inggris di kelompok usia berbeda.
Saya dapat mengorganisir kelas dan siswa dengan baik.
Selain itu, saya pribadi yang kreatif.
Saya pribadi yang ramah dan totalitas dalam bekerja. Saya sangat menyukai passion saya sebagai pekerja.
Saya yakin dengan skill dan pengalaman tersebut, saya memenuhi kualifikasi yang bpk/ibu butuhkan."


Mungkin itu yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini , share artikel ini agar bermanfaat kalian semua. Nah buat kalian yang ingin mencari pekerjaan, semoga sukses. Sebenarnya mencari pekerjaan itu tidaklah sulit asalkan kita telaten dan disiplin. Bentuklah diri kalian menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab agar sukses dimasa depan.


EmoticonEmoticon