Baru-baru ini google menyematkan fitur baru pada dashboard akun Adsense berupa jenis iklan baru yaitu "Auto Ads", pihak google mengklaim unit iklan ini dapat meningkatkan CTR dan pendapatan para publisher.
Hampir genap setahun iklan auto ads digunakan oleh para publisher seluruh dunia, banyak pengalaman pengalaman baru yang di dapat berupa untung ruginya penerapan jenis iklan ini untuk memonetisasi blog.
Hampir genap setahun iklan auto ads digunakan oleh para publisher seluruh dunia, banyak pengalaman pengalaman baru yang di dapat berupa untung ruginya penerapan jenis iklan ini untuk memonetisasi blog.
Berikut ulasan keuntungan dan kerugian penerapan Auto Ads pada blog setelah hampir satu tahun pengalaman, beda bloger tentu beda pandangan dan pendapat tentang hal ini.
Beberapa keuntungan auto ads yaitu :
1. Praktis digunakan
karna kode hanya di tempatkan sekali pada html blog, sisanya google yang akan mengatur tampilan iklan berdasarkan struktur dan tata letak konten pada blog anda.
2. Menghemat waktu
Sehingga para publisher lebih fokus pada membuat konten yang berkualitas tanpa banyak membuang waktu dan tidak disibukkan dengan penempatan kode iklan.
3. Berpotensi meningkatkan penghasilan
para publisher jenis iklan yang muncul disesuaikan dengan jumlah visitor sehingga nilai ctr nya relative tinggi, secara otomatis iklan juga akan menganalisa tempat baru untuk muncul.
4. Selalu ada surprise
Maksudnya iklan muncul di tempat yang tidak terduga, pengalaman pribadi iklan tampil dari bagian atas layar di posisi bawah header saat di scroll halaman ke bawah iklannya mengikuti seperti sticky sidebar.
Bagi anda yang belum mendapatkan kesempatan untuk menerapkan matched conten, Auto Ads kadang kadang memunculkan iklan diantar related post walau tidak sesempurna matched konten.
Penggunaan script cukup sekali sehingga lebih ringan dan tidak membebani loading blog dengan penempatan script yang banyak setiap lokasi iklan.
Adapun kerugian penggunaan auto ads pada blog meliputi :
1. Kontrol penempatan iklan penuh ditangan google
Terkadang munculnya iklan tidak sesuai harapan, namun penempatan juga tidak lepas dari struktur templete yang digunakan.
2. Membuat loading blog lambat
Karna banyak iklan yang muncul, tapi masalah ini secara otomatis menyesuaikan sendiri oleh sistem google.
3. Iklan pada tampilan destop cenderung sedikit
Karna lebih dimaksimalkan pada tampilan mobile. Hal ini merugikan jika sumber trafik di blog anda lebih banyak dari pengguna destop, namun jika dominan visitornya pengguna mobile hal ini mungkin bukan suatu masalah besar jika dibadingkan dengan beberapa kelebihan yang anda dapat.
4. Iklan In-Article sering tidak muncul
Walau artikel sudah agak panjang, apalagi jika artike yang pendek sering kosong tanpa iklan, namun kendala ini bisa di akalin dengan penambahan satu slot iklan manual di tengah artikel jadi jika Auto Ads nya tidak muncul minimal halaman artikel ga sepi sepi kali lah
Mungkin itu saja yang bisa saya bagi mengenai keutung an dan kerugiab penggunaan auto ads pada blog, silahkan share pengalaman anda lainnya di kolom komentar untuk menambah pengalaman para publisher lain terutama bagi yang baru menggunakan Auto Ads ini.
EmoticonEmoticon