Friday, November 2, 2018

Cara Translate Aksara Jawa Dan Belajar Aksara Jawa

Cara Translate Aksara Jawa

Apa Itu Aksara Jawa?


Aksara Jawa, dikenal juga sebagai Hanacaraka dan Carakan, adalah salah satu aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti bahasa Sunda dan bahasa Sasak Tulisan ini berkerabat dekat dengan aksara Bali.


Hal yang paling mendasar untuk bisa menggunakan aksara jawa adalah kita harus menghafal carakan terlebih dahulu.
Apa itu carakan? Carakan adalah huruf dasar dalan sebuah aksara jawa yang meliputi "Ha na ca ra ka" hingga "Nga" huruf tersebut seperti gambar diatas.

Setelah itu hal mendasar selanjutnya adalah kita harus menghafal pasangan dan  sandangan.

Apa itu Pasangan?


Pasangan sendiri merupakan bentuk khusus yang terdapat pada aksara Jawa untuk menghilangkan ataupun mematikan suatu vokal dari bentuk aksara yang sebelumnya. Aksara pasangan ini akan digunakan untuk menulis bentuk suku kata yang di dalamnya tidak ada vokal.

Apa itu sandangan?


Sandangan merupakan bentuk huruf vokal yang tidak mandiri dan digunakan ketika berada di bagian tengah dari kata. Sedanghkan di dalam sandangan akan dibedakan berdasar pada cara membacanya.

Contoh Penulisan aksara jawa :


Dan kali ini saya akan membagikan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menerjemahkan aksara jawa. Aplikasi tersebut sudah saya test dan 90% hasil dari terjemaahan aplikasi tersebut benar .
Langsung saja saya bagikan pada link download dibawah ini .


Itulah beberapa ulasan mengenai aksara Jawa dan beberapa pasangannya serta ulasan sejarah munculnya. Dengan mempelajari aksara Jawa, tentu Anda mempertahankan budaya yang sudah muncul sejak dahulu kala. Dan budaya tersebut tidak akan punah dan tetap lestari sampai nanti. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon